Rabu, 05 November 2008

Search Engine

SEO (Search Engine Optimization)

SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari mesin pencari menuju alamat web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah menempatkan suatu alamat situs web atau blog pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan web atau blog sebagai media bisnis kebutuhan atas layanan SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan atau pemasaran online untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan layanan optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan

Dibawah ini beberapa tips tentang bagaimana anda bisa mencapai rating yang tinggi di hasil search engines, and menggunakan tehnik SEO anda untuk menghasilkan keuntungan :
1. Jika anda telah memiliki web site and nama domain, optimasi saja yang telah anda miliki ini.
Akan membutuhkan waktu sebelum web site anda muncul dalam search engine, seperti Google, jadi lebih baik menggunakan milik anda yang lama daripada berpindah ke domain baru
2. Kenali target pengunjung anda dan coba menggapai mereka.
Jika anda dalam industri pabrikan and calon pengunjung anda mengetikkan nama produk anda di sebuah search engine, maka anda akan memiliki pengunjung yang telah anda tergetkan tepat didepan anda.Segera setelah pengguna menekan tombol Enter atau mengklik 'Search', maka orang ini akan diarahkan ke web site anda.Pastikan bahwa target pasar anda ini 'tertambat' di web site anda. Sekali search engines menunjukkan link ke web site atau blog anda, tugas mereka selesai.Apa yang harus anda lakukan selanjutnya adalah memastikan pengunjung anda tidak meninggalkan web site anda tanpa mencoba produk atau layanan anda, atau minimal memberikan informasi pribadinya. Jadi anda bisa menghubungi mereka di masa datang untuk tujuan mempromosikan produk anda.Ketika mencoba memasuki suatu pasar, pelajari minat mereka, lokasi and umur untuk mendapatkan ide apa yang dapat anda tawarkan kepada mereka.Jadi, anda dapat menawarkan produk and layanan yang sesuai dengan minat mereka.
3. Cari keyword yang oke
Anda harus kreatif, sabar and fleksibel ketika mencari keyword atau keyword frasa untuk mengoptimalkan web site anda.Google dan Yahoo menawarkan tool dan tips yang dapat membantu anda.Jangan hanya menggunakan satu keyword. Anda dapat memberi variasi kata sehingga anda akanmemperoleh lebih banyak traffik.
3. Ketika mendesain web site, pikirkan target pasar anda.
Dalam mendesain web site anda harus menetapkan sebuah theme yang akan menyeragamkanseluruh halaman anda. Perhatikan sampai dengan pemilihan font, warna, dan ukurannyaPastikan website anda "user-friendly" dan jangan lupa untuk memasukkan artikel, tips, dan link yang terkait.Ide bagus juga jika anda memiliki memberikan fasilitas untuk mengirimkan link atau artikel tersebut ke teman pengujung anda, akan menambah jumlah pengunjung anda.Perhatikan juga navigasi dalam menjelajahi website anda, buat semudah mungkin.Pengunjung anda mungkin malas untuk menggunakan scroll down mouse mereka, anda bisa memberikan link kebagian bawah halaman anda untuk kenyamanan pengunjung anda.

4. Konsentrasi pada Konten
Update konten dari web site anda secara regular jadi pengguna lama dan baru dapat menemukan seseuatu yang baru setiap mereka mengunjung website anda.Buat kontent anda seringkas mungkin namun harus mengena. menulis konten yang memiliki lebih dari 600 kata akan membuat mereka kehilangan minatnya, mereka hanya akan melewatinya saja.

Selengkapnya....